ATASI JERAWAT TIPS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Cara Ampuh Menjaga Kulit Wajah dari Masalah Jerawat

Salah satu Cara menghindari jerawat bisa dilakukan dengan menghindari penggunaan kosmetik yang tidak amanCara menghindari jerawat dengan menghindari penggunaan makeup yang berlebihan ditemukan oleh para ahli Dermatologi beberapa waktu lalu. Dr. Gurmohan Singh, kepala departemen Dermatologi dari Institute of Medical Science  (IMS) mengatakan bahwa pemakaian makeup berlebihan sangat berbahaya bagi kulit. Makeup yang berlebih dapat membuat anda terlihat lebih tua dan menyerap usia kulit serta mengundang datangnya aneka penyakit kulit.  
Iritasi, alergi, jerawat, komedo hingga kanker mengancam kulit wajah yang sering menggunakan makeup secara berlebih. Apalagi jika anda termasuk orang yang malas membersihkan muka. Maka sangat di anjurkan segera membersihkan sisa make up dengan sabun pembersih wajah yang tepat. Sisa-sisa makeup yang tertinggal di kulit akan menimbulkan berbagai masalah, baik ringan hingga yang berbahaya bagi wajah.
Komedo dan jerawat, adalah contoh yang paling sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Kecenderungan problem ini terutama disebabkan oleh produk kosmetika yang seringkali menggunakan bahan merkuri, nikotin dan racun-racun lainnya. Banyak  brand kosmetika masih sering melanggar peraturan penggunaan bahan kimia berbahaya. Hal ini akan membahayakan kulit wajah anda. Bayangkan saja, bila Anda memakai produk kosmetik yang mengandung merkuri, diaplikasikan di wajah setiap hari, dan Anda tak rajin membersihkannya, merkuri akan menumpuk di kulit Anda. Kanker kulit tentunya akan menjadi ancaman yang serius untuk kulit wajah anda. Cara menghindari jerawat bisa dilakukan dengan beberapa hal berikut, yaitu:
  • menggunakan make up untuk mempercantik diri boleh-boleh saja asal masih sewajarnya dan rajinlah membersihkan muka sehabis bermakeup
  • hindari proses laser treatment. Menurut Dr. Gurmohan Singh, proses ini sebenarnya proses yang tidak perlu dilakukan. Masih banyak cara yang terbukti lebih aman untuk menjadi cantik.
  • selalu pastikan anda  membersihkan sisa-sisa makeup dengan benar. Sisa makeup yang menempel di wajah dapat menyebabkan problem pada kulit yang tidak diinginkan.
  • Gunakan sun protection. Sinar matahari saat ini tak lagi ramah, sehingga kita tetap harus melindungi dari ancaman sinar UV.
  beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjaga keindahan kulit diantaranya: Pertama, lindungi diri Anda dari paparan sinar matahari langsung yang dapat menyebabkan kerusakan kulit. ketika keluar rumah pastikan anda memakai UV protection sehingga kulit anda  terlindung dari over-eksposur. Pastikan bahwa tabir surya yang Anda gunakan adalah minyak berbasis air dan tidak didasarkan untuk menghindari kulit berminyak. Kedua, rajinlah mencuci bersih wajah Anda secara teratur menggunakan pembersih wajah. Beberapa ahli kulit mengatakan bahwa mencuci wajah dua kali sehari sudah cukup, namun ini tetap tergantung pada kompleksitas jerawat Anda. Gunakan handuk yang bertestur lembut untuk mengeringkan kulit wajah.
Menghindari jerawat  juga bisa dilakukan dengan menghindari penggunaan kosmetik yang berbasis minyak di sekitar jerawat. Dapatkah Anda bayangkan menerapkan kosmetik yang berminyak setiap hari pada kulit yang bermasalah? Pasti yang terjadi adalah semakin menambah kerusakan dari wajah. Kebanyakan produsen sekarang menyediakan kosmetik kosmetik berbasis air yang diberi label non-comedogenic.
Keempat, hindari menyentuh wajah. Jumlah akumulasi bakteri di tangan Anda sepanjang hari, saat ditransfer ke daerah kulit yang terkena, pasti akan memicu  timbulnya bengkak atau infeksi pada jerawat Anda.  Kelima, hindari menyentuh jerawat Anda. Karena kebiasaan ini merupakan salah satu penyebab bengkaknya jerawat sebab bakteri yang berada di tangan ditransfer ke jerawat Anda. Cara terbaik adalah periksakan kondisi jerawat Anda ke dokter spesialis kulit. Penggunaan make up memang bermanfaat untuk mempercantik diri, namun menjaga kulit wajah terhindar dari jerawat juga diperlukan. Untuk itu bijaklah dalam menggunakan kosmetik dan juga memilih kosmetik yang aman dan sesuia dengan kulit kita.
« PREV
NEXT »

No comments

Terima kasih telah memberikan komentar pada blog ini.
Semoga segera sembuh Jerawatnya..