ATASI JERAWAT TIPS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Penyebab Timbulnya Jerawat dan Cara Mengatasinya

Penyebab jerawat biasanya terjadi karena minyak dan sel – sel kulit mati menyumbat pori – pori. Jika jerawat yang muncul hanya berupa bintik – bintik merah kecil, maka bisa di golongkan kedalam jerawat ringan. Namun jika jerawat muncul dalam jumlah banyak tidak hanya di wajah bahkan sampai ke punggung dan dada, maka itu dapat di golongkan dalam jerawat yang parah. Untuk itu mari kita kenali lebih lanjut apa saja gejala dan penyebab terjadinya jerawat.

Apa Penyebab Terjadinya Jerawat ?

Jerawat terjadi karena adanya produksi minyak kulit atau sebum dan sel – sel kulit mati menyumbat pori – pori kulit. Dan jika ada kuman atau bakteri yang ikut tersumbat dalam pori – pori tersebut maka terjadilah pembengkakan ( pimple ), kemerahan dan nanah yang menjadi jerawat. Jerawat biasanya mulai terjadi saat kita beranjak remaja. hal ini terjadi karena perubahan hormon yang membuat kulit tambah berminyak selama masa pubertas. Namun jerawat juga dipengaruhi dari faktor keturunan, orang tua yang mempunyai jerawat biasanya juga memiliki anak yang rentan berjerawat.

Apa Saja Gejala Jerawat ?

Gejala jerawat biasanya terjadi bintik hitam atau bintik merah pada kulit wajah, leher, punggung dan dada. Selain itu, terjadi pembengkakan pada kulit disertai rasa sakit jika tersentuh. Pembengkakan atau yang biasa disebut pimple yang membesar dan terinfeksi serta mengandung nanah itulah yang menyebabkan timbulnya rasa sakit.

Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat ?

Menjaga kulit tetap bersih bisa menjadi salah satu solusi dalam pencegahan jerawat. dengan menjaga kulit senantiasa bersih, dapat mencegah kuman dan bakteri yang menempel berkembang menjadi penyebab jerawat. Gunakan sabun khusus jerawat untuk membasuh wajah anda, karena pemilihan sabun yang tidak sesuai terkadang malah dapat menimbulkan masalah lain pada kulit. Dalam membasuh wajah juga perlu dihindari untuk menggosok terlalu keras atau mencungkil pimple yang ada. Karena hal tersebut hanya akan memperparah kondisi jerawat.

Bagaimana Cara Menghilangkan Bekas Jerawat ?

Saat ini banyak produk – produk perawat kulit untuk menghilangkan bekas jerawat yang tersedia di berbagai apotik. Coba cari produk perawatan kulit yang dapat membantu menghaluskan dan memudarkan sisa bekas jerawat pada kulit. Konsultasikan kepada dokter anda jika anda ragu dalam pemilihan produk perawatan kulit tersebut. Pemilihan produk perawatan kulit juga bergantung pada seberapa parah bekas jerawatnya. Dengan mengenali gejala dan penyebab timbulnya jerawat, dapat sedikit membantu anda dalam memilih metode pencegahan maupun pengobatan yang sesuai terhadap permasalahan jerawat yang anda alami. Dan tentu saja berkonsultasi dengan dokter anda sebelum mengambil tindakan agar menghindari masalah lain yang kemungkinan timbul akibat salah penanganan.
« PREV
NEXT »

No comments

Terima kasih telah memberikan komentar pada blog ini.
Semoga segera sembuh Jerawatnya..