ATASI JERAWAT TIPS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Gunakan Kosmetik Berbahan Dasar Air

Make-up berbahan dasar minyak cenderung menyebabkan jerawat. Sebaliknya menggunakan kosmetik berbahan dasar air atau yang berlabel "non-komedogenik". Untuk orang yang memiliki kulit berminyak, hindari produk yang mengandung minyak mineral karena teksturnya yang berminyak enggak akan terasa bagus dikulitmu.
Sebenarnya masih ada pro dan kontra mengenai apakah minyak mineral menyebabkan jerawat atau tidak. Ada yang mengangap minyak mineral bisa menyumbat pori-pori dan menimbulkan breakout. Minyak mineral adalah minyak encer yang biasa digunakan dalam pembuatan kosmetik, makanan dan obat-obatan.
Minyak ini merupakan campuran dari hidrokarbon cair yang diperoleh dari penyulingan minyak bumi.

Gunakan Kosmetik Berbahan Dasar Alami

Sebaliknya menggunakan produk perawatan wajah berbahan alami karena kosmetik yang mengandung bahan kimia akan menyebabkan jerawat. Jauhi kosmetik yang mengandung paraben dan phthalates. Kedua bahan ini bisa menggangggu aktivitas hormon dan yang lebih buruk bisa menyebabkan kanker. Paraben yang sering kita jumpai dalam kosmetik adalah methylparaben, propylparaben, dan butylparaben. Penggunaan paraben dalam satu produk dianggap aman jika tidak lebih dari 25%. Biasanya kadar paraben dalam kosmetik berkisar 0,01% sampai 0,3%. 
Para peneliti dari Kyoto Prefectural University of Medicine di Jepang menemukan bahwa paraben jenis methyl meningkatkan kepekaan dan kerusakan kulit akibat sinar matahari. Ketika terpapar sinar Ultraviolet, sel-sel kulit akan mati lebih cepat dari kecepatan normal. Sementara, phthalates merupakan senyawa kimia yang bisa membuat plastik menjadi lembut dan fleksibel.
« PREV
NEXT »