ATASI JERAWAT TIPS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Memilih Tabir Surya yang Tepat

Tabir surya dikenal juga dengan istilah sunscreen atau sunblock yang mengandung UV Protection. Pilihlah tabir surya yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Biasakan untuk membaca bahan-bahan yang terkandung dalam tabir surya yang kamu pilih. Kamu juga bisa membuat riset mengenai suatu produkdengan membaca review mengenai produk tersebut di internet. Tabir surya khusus wajah biasanya enggak mengandung pewangi dan tambahan minyak yang akan menyumbat pori-pori wajahmu.
Cari tahu tabir surya yang berbahan utama Zinc oxide dan Titanium dioxide. Kedua bahan ini menangkis dan menyebarkan sinar matahari sebelum menembus kulit.
Zinc oxide dan Titanium dioxide biasanya ditemukan dalam tabir surya untuk bayi dan anak-anak. Jadi bisa dipakai buat kamu yang memiliki kulit sensitif. Jangan menggunakan produk yang menggunakan PABA (para-aminobenzoic acid ), avobenzone, benzophenone, dan methoxycinnamate karena bahan bahan ini menghasilkan radikal bebas, padahal tabir surya seharusnya melindungi kulit dari radikal bebas.
Untuk kamu yang berjerawat cari produk berlabel "nonkomedogenik" dan hindari tabir surya yang berminyak. Karena setiap jenis kulit memiliki response waktu berbeda terhadap sinar matahari sebelum kulit terbakar.

Sinar ultraviolet

Sinar ultraviolet yang masuk ke bumi dalam radius A, B dan C (UV-A, UV-B, dan UV-C). Namun, UV-C dapat dihambat secara efektif oleh lapisan ozon. Sedangkan UV-A dan UV-B bisa masuk ke permukaan bumi meski juga telah disaring oleh atmosfer bumi.
Sweatproof

Sweatproof 

Tabir surya yang berlabel sweatproof biasanya tahan terhadap keringat, sehingga tidak pudar karena keringat.

Sunblock 

Sunblock merupakan tabir surya jenis fisik yang fungsinya menghalangi atau memantulkan cahaya matahari melalui permukaan kulit. Tabir surya fisik biasanya memiliki kandungan zinc oxide ataupun titanium dioxide yang berfungsi radiasi UV. Namun, sunblock hanya bisa menghalangi sinar UV-B.
Organic Sunscreen


Organic sunscreen

Organic sunscreen merupakan tabir surya jenis kimia yang fungsinya menyerap atau menyaring radiasi ultraviolet (UV). Tabir surya kimia biasanya memiliki kandungan seperti octylcrylene, avobenzone, octinoxate, octisalate, oxybenzone, homosalate, 4-MBC, ataupun para-aminobenzoic acid (PABA). Sunscreen bisa memberi perlindungan lebih banyak dibanding tabir surya fisik karena bisa menyerap radiasi UV-A dan UV-B. Radiasi UV-A menembus kulit lebih dalam daripada UV-B, sehingga bisa menyebabkan kanker kulit


SPF atau Sun Protection Factor


Kulit Terang - 10 menit,  Kulit Sawa Matang - 15 menit, Kulit Gelap - 20 menit 
Lihat kadar SPF ditabir surya yang kamu pakai, misalnya SPF 15. Hitung waktu perlindungan yang diberikan tabir suryamu sebelum kulitmu terkena sinar matahari langsung. Misal jenis kulitmu sawo matang berarti

15 menit  x SPF 15 = 225 menit

Artinya dengan memakai tabir suryamu yang mengandung SPF 15 kamu bisa berada diluar ruangan selama 3 jam 45 menit.
Berdasarkan situs skincancer.org SPF 15 mampu menyaring kira-kira 43% radiasi sinar ultraviolet. Tabir surya dengan SPF 15 biasanya memadai untuk digunakan orang yang beraktivitas di luar ruangan dalam jangka waktu sebentar.
Buat kamu yang suka beraktivitas di bawah sinar matahari dalam jangka waktu yang lama, kamu wajib menggunakan tabir surya berkadar SPF 30 atau lebih yang anti air. SPF 30 menyaring hingga 47% radiasi sinar ultraviolet. Sementara, SPF 50 menyaring hingga 48% radiasi sinar ultraviolet. Sejauh ini enggak ada tabir surya yang mampu menyaring radiasi hingga 100%.
Oleskan tabir surya 15 sebelum terpapar sinar matahari dan ulangi pemakaian setiap 2 jam.
Selalu lindungi kulit Anda dari teriknya sinar matahari dengan berbagai cara termasuk penggunaan tabir surya
« PREV
NEXT »