ATASI JERAWAT TIPS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Kenali Gejala dan Jenis Jerawat Anda

Jerawat merupakan gangguan yang terjadi pada kulit yang disebabkan adanya kelebihan produksi pada kelenjar minyak dan menimbulkan infeksi serta peradangan pada kulit. Pengertian lainnya Jerawat adalah situasi dimana pori – pori pada kulit mengalami penyumbatan sehingga produksi minyak yang harusnya bisa keluar justru terhalang di dalam pori – pori kulit. Apabila keadaan seperti ini terjadi terus menerus dapat menyebabkan penggumpalan di bawah kulit dan terinfeksi menyebabkan munculnya jerawat.
Macam-macam Jerawat

Meskipun jerawat identik muncul pada mereka yang berusia remaja, namun bukan berarti anda yang telah dewasa tidak akan mengalami jerawat. Faktanya jerawat bisa menyerang siapa saja bahkan termasuk mereka yang telah lanjut usia. Kemunculan jerawat menjadi masalah yang cukup serius bagi sebagian orang, jerawat bisa menurunkan rasa percaya diri bagi penderitanya.

Gejala dan Ciri – Ciri Jerawat

Jenis-jenis Jerawat
Untuk itu anda perlu mengetahui gejala dan ciri – ciri dari jerawat. Gejala dan ciri – ciri jerawat bisa bermacam – macam bergantung pada jenis maupun tingkat keparahan jerawat tersebut. Gejala yang paling umum dari jerawat adalah munculnya benjolan berwarna kemerahan atau kekuning – kuningan karena mengandung nanah.
Jerawat seperti itu bisa di kategorikan kedalam 2 jenis yaitu jerawat yang bisa meradang dan jerawat yang tidak meradang :

  • Jerawat Yang Bisa Meradang.
      Jerawat yang bisa meradang ciri-cirinya yaitu warnanya kemerah-merahan dan itu bisa terjadi peradangan serta juga pembengkakan, dan gejala adanya sebuah iritasi pada kulit. Meskipun demikian jerawat bukan sebuah kondisi medis yang terbilang serius, namun ada baiknya jika anda mewaspadai upaya tidak menimbulkan sebuah kondisi yang bisa lebih parah yang bisa berakhir pada kerusakan kulit yang lebih fatal. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi anda untuk menyegerakan berkonsultasi kepada dokter kulit atau pada ahli kesehatan yang paham masalah kesehatan kulit.
  • Jerawat Yang Tidak Meradang.
      Jerawat yang seperti ini secara kasat mata tidak tampak namun, jika diraba akan terasa kasar. Meskipun demikian jerawat jenis ini tidak boleh dibiarkan begitu saja. Karena kalau tidak cepat diatasi maka dapat berpotensi menimbulkan peradangan juga.
Gejala dari jerawat itu sendiri bisa bermacam-macam tergantung juga pada jenis dan juga tingkat keparahan pada jerawat tersebut. Gejala yang paling umum terjadi yaitu timbulnya benjolan yang berwarna kemerahan atau kekuning-kuningan yang mengandung nanah. 

Jenis Jenis Jerawat Yang Sering Dialami

Jerawat pun bisa di kategorikan dalam beberap jenis :
  • Jerawat Komedo.
      Komedo merupakan penyumbatan yang terjadi pada pori-pori kulit, biasanya itu terdapat di sekitar hidung. Penyumbatan tersebut bisa berupa penyumbatan yang terbuka atau yang tertutup. Komedo terbuka atau biasa dikenal dengan blackhead, adalah penyumbatan yang bisa menyebabkan pori-pori yang terlihat seperti pori-pori yang bisa membesar dan juga menghitam. Komedo tertutup tersebut atau biasa dikenal dengan istilah whitehead adalah kulit yang tumbuh atas pori-pori sehingga bisa menyebabkan sumbatan tersebut berbentuk tonjolan yang putih kecil. Penyebab komedo tersebut biasanya diakibatkan oleh sel-sel kulit yang mati dan juga akibat kelenjar minyak yang berlebih pada kulit.
  • Jerawat Biasa.
      Jenis jerawat kali ini mudah dikenal banyak orang, tonjolan ini kecil yang berwarna pink atau bisa kemerahan. akibat dari kelebihan pada produksi kelenjar-kelenjar minyak yang bisa menyebabkan terjadinya suatu infeksi dan juga radang pada kulit seseorang. 
  • Jerawat Batu.
      Jerawat batu merupakan bentuk yang paling parah acne vulgaris. Jerawat macam ini sering tumbuh pada wajah atau pada area lain dari dalam tubuh. Jerawat batu atau dalam dalam bahasa ilmiah disebut cystic acne, mempunyai tekstur yang seperti benjolan yang bisa berisi cairan yang berada di bawah permukaan kulit. Jerawat macam ini bisa sangat menyakitkan dan juga bahkan bisa menyisakan bekas luka yang begitu dalam. Berikut artikel yang bisa kami sajikan semoga banyak memberikan informasi bagi anda tentang Jenis-jenis Jerawat. Untuk lebih lengkapnya anda bisa membaca artikel Apa itu jerawat batu.
  • Jerawat Pasir.
      Jerawat pasir adalah jerawat dengan ukuran yang relatif kecil namun memiliki jumlah yang banyak. Jerawat jenis ini biasanya tumbuh pada  dahi, pipi maupun punggung. Sudah tentu jerawat  pasir dapat mengganggu penampilan anda. selain itu tekstur kulitpun akan menjadi lebih kasar karena jerawat pasir tersebut. 
Dengan mengenali ciri – ciri jerawat dan jenis – jenis jerawat tersebut, semoga dapat membantu anda dalam menangani permasalahan kulit berjerawat. Sehingga anda mampu mengambil tindakan yang tepat sesuai dengan gejala jerawat tersebut.. 

« PREV
NEXT »