ATASI JERAWAT TIPS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Cara Alami Menghilangkan Jerawat di Punggung dengan Cepat

Menghilangkan Jerawat di Punggung
Banyak penyebab jerawat muncul pada kulit, baik itu dari faktor internal tubuh maupun faktor eksternal. Jerawat umumnya muncul pada area wajah, namun bukan berarti jerawat tidak dapat tumbuh pada bagian tubuh lainya. Punggung merupakan salah satu bagian tubuh yang dapat menjadi area tumbuhnya jerawat. Walaupun banyak cara menghilangkan jerawat, namun ada baiknya kita simak terlebih dahulu apa faktor yang mejadi penyebab terjadinya jerawat pada punggung.

 Penyebab Munculnya Jerawat Pada Punggung

Jerawat pada punggung juga ada yang di kategorikan jerawat ringan dan jerawat parah. Sebelum membahas bagaimana cara menghilangkan jerawat pada punggung, mari terlebih dahulu kita membahas apa saja yang mejadi penyebab munculnya jerawat pada punggung.
Cara alami Menghilangkan Jerawat di Punggung
Penyebab jerawat pada punggung diantaranya;
  1. Pemakaian Tas / Ransel
      Tas / Ransel yang kita pakai sehari – hari merupakan salah satu penyebab munculnya jerawat pada punggung. Ada baiknya anda memperhatikan beban (berat) yang anda bawa dalam tas. Hindari membawa tas yang memiliki beban cukup berat, apalagi dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dapat menyebabkan keringat yang muncul pada punggung terjebak karena tertutup oleh tas.
  2. Pemakaian Pelembut atau Pewangi
      Penggunaan pelembut atau pewangi pakaian, kadang kala tidak sesuai untuk jenis kulit tertentu. Hal ini biasa terjadi untuk mereka yang memiliki tipe kulit sensitif. Untuk itu disarankan untuk anda yang berkulit sensitif dan gampang berjerawat, hanya menggunakan detergen saja pada saat mencuci pakaian. Maksudnya agar kulit terhindar dari resiko iritasi akibat kandungan bahan pewangi / pelembut tertinggal pada pakaian.
  3. Pakaian Yang Tidak Sesuai
      Pakaian yang kurang sesuai juga bisa memicu munculnya jerawat pada punggung. Jangan gunakan pakaian yang terlalu ketat, dan pakaian yang membuat panas. Pilihlah pakaian dengan bahan yang mudah menyerap keringat dan berpori. Pakaian yang tidak menyerap keringat dapat memicu timbulnya bakteri yang bercampur dengan keringat dan sel kulit mati. hal tersebut dapat membuat pori – pori kulit tersumbat dan memicu munculnya jerawat.
  4. Aktifitas Berat
      Aktifitas berat seperti olahraga dan fitnes akan membuat tubuh mengeluarkan keringat yang berlebih. Keringat dalam jumlah besar inilah yang dapat menjadi sarang bakteri dan membuat tubuh menjadi lembab. Kondisi seperti inilah yang membuat kulit punggung anda menjadi rentan terhadap serangan jerawat.
  5. Penggunaan Kondisioner Rambut
      Tahukah anda, penggunaan kondisioner untuk perawatan rambut ternyata juga mempunyai peran dalam masalah jerawat di punggung?. Hal ini dikarenakan kandungan silikon yang terdapat dalam sebagian besar produk kondisioner yang terpapar pada kulit. Kandungan silikon pada kondisioner sisa – sisa pemakaian pada rambut mampu memicu munculnya jerawat. Karena itu, segera bilas rambut hingga bersih setelah penggunaan kondisioner untuk meminimalisir resiko munculnya jerawat.

Bagaiamana Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung?

Untuk mengatasi jerawat di punggung, kita bisa melakukan perawatan sendiri di rumah. Cara yang akan dibahas dalam artikel ini adalah cara tradisional. Tapi jangan khawatir, walaupun hanya tips tradisional, yang pentih ampuh. Berikut ini adalah perawatan yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan jerawat di punggung.
  1. Menjaga kebersihan Tubuh dengan Sabun Anti Bakteri
      Pada dasarnya, penyebab jerawat adalah karena kebersihan tubuh tidak terjaga. Maka dari itu, mandilah secara teratur agar tubuh anda bersih dan meminimalisir resiko tumbuhnya jerawat. Anda bisa menggunakan sabun anti bakteri agar lebih efektif.
      Melakukan Scrub Secara Teratur Melakukan scrup bertujuan untuk pengelupasan sel-sel kulit mati agar tidak menutupi jerawat, sehingga jerawat akan lebih mudah untuk disembuhkan. Anda dapat melakukan scrub dengan butiran yang halus, tujuannya yaitu untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit. Setelah proses scrub selesai, jangan lupa untuk memakai lotion. Baca juga Apa itu Scrubbing Wajah? dan manfaatnya.
      Lakukan scrub secara teratur misalnya 1 minggu sekali. Oh iya, melakukan pengangkatan sel kulit mati (scrub) juga jangan terlalu sering karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit.
      Menggunakan Buah Lemon Lemon mengandng (vitamin B, vitamin C, fosfor serta karbohidrat) yang bermanfaat untuk mengoabti jerawat dan menghilangkan flek hitam.
      Caranya :
    1. Peraslah 1 buah lemon
    2. Campurkan dengan sedikit air
    3. Gunakan kapas untuk mengoleskan air perasan jeruk lemon tersebut pada area kulit yang berjerawat.
  2. Aspirin
      Tahukan aspirin? iya itu loh obat penurun panas demam. Ternyata tidak hanya ampuh untuk menurunkan panas, obat tersebut juga ampuh untuk mengobati jerawat, baik jerawat diwajah maupun jerawat dipunggung. Karena diketahui dalam obat aspirin terkandung anti imflamasi yang mana dapat mencegah penyumbatan pada pori-pori kulit. Bagaiaman caranya?
    1. Haluskan 10 butir (secukupnya) aspirin hingga benar-benar halus campur dengan air, kemudian aduk hingga membentuk pasta
    2. Oleskan pada bagian kulit yang ada jerawatnya.
    3. Biarkan sekitar 15-20 menit
    4. Bilas dengan air dingin / air es
  3. Tomat
      Sama halnya dengan jerawat yang ada di wajah, tomat juga bisa digunakan untuk mengobati jerawat yang tumbuh di punggung. Tomat ini juga bisa dipakai sebagai pengganti scrub Caranya :
    1. Sediakan beberapa buah tomat matang dengan warna yang merah menyala
    2. Haluskan dengan blender
    3. Gsokan pada bagian kulit yang ada jerawatnya
    4. Diamkan beberapa saat hingga mengering
    5. Bilas dengan air dingin
  4. Kulit Jeruk
      Buah jeruk memang kaya akan manfaat, karena jeruk merupakan salah satu sumber vitamin C tertinggi. Namun, tidak hanya buahnya, kultinyapun ternyata bisa kita gunakan untuk mengobatijerawat, caranya mudah :
    1. Rendam kulit jeruk kering dalam air
    2. Haluskan dengan blender
    3. Kemudian campurkan dengan beberapa sendok susu
    4. Oleskan pada bagian kulit yang berjerawat
    5. Diamkan selama -+ 15-20 menit
    6. Bilas dengan air dingin
  5. Menggunakan Putih Telur
      Selain dapat bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah, putih telur juga efektif untuk menyembuhkan jerawat di punggung. Caranya :
    • Pisahkan putih telur dari kuning telur
    • Oleskan puith telur tersebut pada area kulit yang berjerawat
    • Diamkan 20-30 menit / hingga mengering
    • Bersihkan dengan air dingin
Semua cara yang sudah disebutkan diatas, dipercaya dan terbukti ampuh untuk mengatasi jerawat, tidak hanya jerawat yang tumbuh di punggung saja, tapi juga untuk mengobati jerawat dibagian tubuh lainnya.
 Namun wajib anda ketahui, bahwa cara-cara diatas bukanlah magic, yang dapat menyembuhkan jerawat seketika. Untuk itu, perawatan tersebut harus dilakukan secara rutin, agar hasilnya maksimal. Lakukan cara-cara diatas hingga jerawat anda benar-benar sembuh.
Namun jika jerawat anda tak kunjung sembuh, segera hubungi dokter, mendapatkan soslusi yang lebih baik.
 Semoga Bermanfaat.
« PREV
NEXT »