ATASI JERAWAT TIPS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Fakta Dan Mitos Seputar Jerawat

Jerawat memang mengganggu penampilan, apalagi muncul di area yang tidak semestinya. Banyak pendapat tentang penyebab atau pun pantangan tentang jerawat. Namun tidak semua pendapat itu dapat dipercaya kebenarannya, sebagian hanya mitos dari mulut ke mulut.

Fakta Dan Mitos Seputar Jerawat
Berikut ini kami akan coba jelaskan Fakta dan Mitos tentang jerawat yang banyak beredar di masyarakat. Mari kita simak bersama apa saja mitos dan fakta tersebut.

1. Debu menjadi salah satu faktor penyebab munculnya jerawat.

Pendapat ini ternyata FAKTA, karena debu – debu yang menempel dapat menyumbat pori – pori kulit, sehingga sebum, bakteri dan sel kulit mati terperangkap dalam pori – pori kulit. Penymbatan tersebut membuat bakteri berkembang dan menjadi pemicu timbulnya jerawat. Maka dari itu, selalu jaga kebersihan kulit wajah dengan selalu mencuci muka dengan Sabun pembersih muka yang tepat setelah bepergian keluar rumah.

2. Coklat adalah makanan penyebab jerawat.

Ini adalah MITOS, Coklat sering kali menjadi tersangka munculnya jerawat di wajah. Pendapat tentang coklat dan jerawat ini begitu banyak beredar di masyarakat, dan tidak sedikit pula yang mempercayai hal tersebut. Namun coklat sama sekali tidak ada hubungannya dengan jerawat, karena tidak ada kandungan atau zat yang terdapat dalam coklat yang dapat memicu timbulnya jerawat.

3. Sinar matahari dapat menghilangkan jerawat.

Pendapat ini juga MITOS, Kulit yang terpapar sinar matahari akan berakibat kulit menjadi kering dan berwarna lebih gelap. Sinar matahari juga dapat membuat kulit menjadi lebih tebal, sehingga jerawat menjadi samar terlihat. Karena hal inilah banyak yang mengira sinar matahari dapat menghilangkan jerawat. Padahal sinar matahari hanya membuat jerawat menjadi kering dan tersembunyi di balik kulit yang gelap.

4. Jerawat akan menghilang jika sering memcuci muka.

Pendapat ini tidak sepenuhnya benar, dengan rutin memcuci muka memang dapat menghindari terjadinya jerawat bukan menghilangkan jerawat yang sudah ada. Memcuci muka hanya membersihkan bagian permukaan kulit luar saja, sedangkan penyebab utama terjadinya jerawat justru terjadi dari dalam permukaan kulit ( pori – pori ). Justru terlalu sering mencuci muka malah akan membuat kulit anda menjadi lebih tipis dan rentan iritasi.
Membersihkan muka cukup dilakukan seperlunya, dan tentu saja dengan memilih sabun pembersih wajah yang tepat untukkulit muka anda. Langkah terbaik ketika mencuci wajah adalah cucilah dengan pelan dan cukup dua kali dalam satu hari.Jika sering mencuci wajah ,maka berminyak dalam wajah kita akan keluar lebih banyak,soalnya saat mencuci wajah minyak pada wajah yang digunakan dalam melembabkan kulit hilang,sehingga hormon yang menghasilkan minyak di wajah akan memproduksi lebih banyak minyak.

5. Hubungan ‘suami – istri’ dapat memicu timbulnya jerawat.

Inipun sama sekali tidak benar atau hanya sebuah MITOS. Ide ini muncul awalnya pada abad ke 17, pada masa itu di buatlah sebuah opini bahwa dengan berhubungan badan dapat memicu timbulnya jerawat. Padahal yang sebenarnya terjadi adalah, opini ini sengaja dibuat untuk mencegah anak – anak muda untuk tidak melakukan hubungan badan sebelum menikah dan terjebak dalam pergaulan bebas.

6. Memencet jerawat adalah cara paling cepat menghilangkan jerawat.

Pendapat ini adalah alah besar. Memencet jerawat dapat menghilangkan jerwat itu hanya sebuah mitos. faktanya adalah dengan memencat jerawat dan memaksanya pecah justru akan membuat bakteri penyebab jerawat mudah tersebar kemana – mana. Apalagi ditambah dengan kondisi tangan yang tidak steril, justru akan memperparah keadaan jerawat itu sendiri. Efek lainnya yang akan timbul adalah munculnya bopeng akibat bekas jerawat yang di pecahkan secara paksa.

7. Pemasalahan Jerawat hanya muncul pada saat usia remaja.

Tentu saja hal tersebut hanyalah sebuah MITOS. Memang jerawat kerap muncul pada masa pubertas, ini disebabkan karena terjadinya perubahan hormon pada tubuh sehingga membuat para remaja menjadi lebih rentan berjerawat. Namun perlu diketahui, perubahan hormon bukan satu – satunya penyebab muncunya jerawat. Lingkungan, Pola Hidup, Pola makan, Stress dan Faktor genetik juga menjadi penyebab jerawat. Maka dari itu jerawat bisa terjadi pada siapa saja, baik pada anak – anak sekalipun.
Demikianlah pembahasan tentang mitos dan fakta tentang jerawat yang umum beredar di masyarakat. Masih banyak mitos dan fakta lain yang beredar, mungkin dapat kita bahas di artikel selanjutnya lain waktu. Semoga 7 Mitos dan Fakta tentang jerawat pada artikel ini dapat menambah pengetahuan anda supaya lebih mengerti dan memahami tentang permasalahan jerawat.


« PREV
NEXT »